Rabu, 06 Maret 2013

TULISAN 1


PROUD OF INDONESIA


Sejarah Indonesia memiliki rentan waktu yang sangan pajang, dan apada awalnya dimulai pada zaman prasejarah pada masa 500.000 tahun lalu. Dalam sejarah Indonesia terbagi ,menjadi lima era: Era Pra Kolonial (masuknya orang Eropa yang menginginkan rempah-rempah) , Era Kemerdekaan (pasca Proklamasi Kemerdekaan Indonesia (1945) sampai jatuhnya Soeharto (1996)) , Era Orde Baru (32 tahun masa pemerintahan Soeharto) , Era Reformasi (berlangsung sampai sekarang). Letak Geografi Indonesia terletak di antara 6 derajat LU – 11 derajat LS dan 95 derajat BT – 141 derajat BT, antara Lautan Pasifik dan Lautan Hindia, antara Benua Asia dan Benua Australia, dan pada pertemuan dua rangkaian pergunungan Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterranean. Zona waktu Indonesia letak astronomi mengakibatkan terjadinya perbedaan waktu sekitar 3 jam antara bagian Timur dan bagian Barat Indonesia. Sejak 1 Januari 1988 di Indonesia diberlakukan pembagian daerah waktu yang baru, pembagian waktu tersebut terbagi menjadi 3: Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia bagian Timut (WIT).  

Jawa meruapakan salah satu provinsi Negara Indonesia. Sistem Perekonomian masyarakat Jawa mencakup: 1) Pertanian, yang dimaksud pertanian disini terdiri atas persawahan dan perladangan, tanaman utama adalah padi, dan tanaman lainnya adalah jagung, ubi bakar, kacang-kacangan, dan sayur mayor. Sawah juga ditanami tanaman perdagangan seperti tembakau, tebu, dan rosella. 2) Perikanan, adapun usaha yang dilakukan cukup banyak baik perikanan darat dan juga perikanan di laut. Perikanan laut diusahakan di pantai utara laut jawa. Peralatannya berupa kail, perahu, jala, jarring dan alat lain yang dibutuhkan. 3) Peternakan, binatang ternak berupa kerbau, sapi, kambing, domba, ayam, itik, bebek dan lain-lain. 4) Kerajianan, kerajinan sangat maju terutama menghasilkan batik, ukir-ukiran, peralatan rumah tangga, dan alat pertanian. Adapun mata pencaharian dalam suku jawa atau masyarakat jawa biasanya bermata pencaharian bertani, baik bertani disawah maupun tegalan, juga berternak pada umumnya bersifat sambilan, selain itu juga masyarakat jawa bermata pencaharian Nelayan yang biasanya dilakukan olah sebagian besar masyarakat pantai.

Budaya Suku Jawa Tengah adalah kebudayaan yang pada awalnya berdiri dari sebuah kerajaan. Adapun salah satu budaya daerah Jawa Tengah adalah Candi Borobudur dibangun menurut tradisi jawa kuno sebagai candi yang berteras dan melambangkan alam raya. Candi Borobudur merupakan mandalah raksasa dalam batu,  suatu lingkaran mistik yang disamping fungsi simbolisnya, sekaligus memiliki kekuatan nyata yang dapat menghasilkan bagi kaum beriman apa yang dilambangkan itu. Ada banyak kesenian suku jawa , system kesenian masyarakat jawa memiliki dua tipe, yaitu tipe jawa tengah dan tipe jawa timur. 1) kesenian tipe jawa tengah wujud keseniannya bermacam-macam misalnya: seni tari (tari serimpi), seni tembang (dolanan suwe ora jamu dan pitik tukung), seni pewayangan (merupakan wujud seni teater tradisional di jawa tengah yaitu ketoprak). 2) kesenian tipe jawa timur misalnya : seni tari dan teater (tari kuda lumping), seni pewayangan (wayang beber), dan seni teater tradisional. 3) rumah adat (limas dan joglo). 4) pakaian adat jawa.

Jawa Tengah memiliki banyak objek wisata yang sangat menari. Puri Maerokoco (Taman Mini Jawa Tengah) dan amuseum Rekor Indonesia yang terdapat dikota Semarang. Di kawasan Dieng terdapat kelompok candi-candi Hindu,yang dibangun sebelum era Mataram Kuno. Komplek Candi Gedong Songo terletak dilereng Gunung Ungaran kabupaten Semarang. Tempat wisata lainnya dijawa tengah adalah air terjun Grojogan Sewu dan Candi-candi peninggalan Majapahit di kabupaten Karanganyar. Di bagian selatan jawa tengah juga terdapat berbagai tempat wisata, Goa Jatijajar dan Pantai Karangbolong di kabupaten Kebumen, serta Baturraden dikabupaten Banyumas. Disebelah utara jawa tengah terdapat wisata guci di lereng Gunung Slamet, Tegal, serta kota Pekalongan yang terkenal dengan julukan kota Batik. Selain itu juga memiliki wisata religious yaitu Masjid Agung Demak yang didirikan pada abad ke-16 merupakan bangunan dengan paduan arsitektur Islam dan Hindu. Demak merupakan kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa. Di provinsi ini juga terdapat tida makam wali songo, yakni Sunan Kalijaga, Sunan Kudus, dan Sunan Muria.

Jawa sebuah pulau di Indonesia dengan penduduk 136 juta. Merupakan suku bangsa terbesar di Indonesia yang berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta. Setidaknya 41,7% penduduk Indonesia merupakan etnis jawa.  Pulau ini dihuni oleh 60% penduduk Indonesia. Jawa dahulu merupakan pusat dari beberapa kerajaan Hindu-Budha, kesultanan Islam, pemerintahan Kolonial Hindia-Belanda, serta pusat pergerakan kemerdekaan Indonesia. Pulau ini berdampak sangat besar terhadap kehidupan social,politik, dan ekonomi Indonesia. Jawa adalah pulau yang sebagian besar terbentuk dari aktivitas vulkanik, merupakan pulau ke 13 terbesar didunia, dan terbesar kelima di Indonesia. Sebagian besar penduduk jawa adalah bilingual, yang berbahasa Indonesia baik sebagai bahasa pertama maupun kedua. Sebagian besar penduduk jawa adalah Muslim, namun terdapat beragam aliran kepercayaan, agama, kelompok etnis, serta budaya di pulau ini. Penduduk jawa sebagian besar menggunakan bahasa jawa dalam bertutur kata sehari-hari. Dalam sebuah survey kurang lebih hanya 12% orang jawa yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa mereka sehari-hari, sekitar 18% menggunakan bahasa Jawa dan Indonesia secara campur, dan selebihnya hanya menggunakan bahasa jawa saja.

Sumber:
http//ms.m.wkipedia.org/wiki/geografi_indonesia
http//makalahmajannaii.blogspot.com/2012/09/makalah_sejarah_suku_jawa.html?m=1
http//carapedia.com/tempat_wisata_jawa_tengah_info1928.html
http//id.m.wikipedia.org/wiki/jawa
http//id.m.wikipedia.org/wiki_jawa

0 komentar:

Posting Komentar

 

Novia Nurul Huda Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template