Senin, 29 Desember 2014

PROPOSAL

PROPOSAL PENELITIAN ILMIAH
BISNIS KERAJINAN DAN AKSESORIS DARI KAIN FLANEL




NOVIA NURUL HUDA
NPM : 25212400
S1-AKUNTANSI


BAHASA INDONESIA 2#
  

UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS EKONOMI
AKUNTANSI
2014/2015






PENDAHULUAN

Latar Belakang
Kain flanel atau felt adalah jenis kain yang dibuat dari serat wol, tanpa ditenun. Proses pembuatan kain flanel disebut juga wet felting, yaitu proses pemanasan dan penguapan sehingga menghasilkan jenis kain flanel atau felt yang beragam tekstur dan jenisnya, tergantung dari campuran bahan pembuatnya.
Seiring berjalannya waktu , flanel  semakin di kenal banyak orang. Terutama , kalangan perajin aksesori. Salah satu hal yang manarik dari kain flanel adalah warnanya yang beragam dan lengkap, selain itu tekstur kainnya yang lembut.
Flanel adalah jenis kain tertua dalam sejarah manusia, lebih tua dari kain tenun dan rajut. Jenis kain flanel yang sangat rumit juga ditemukan dalam kondisi diawetkan di sebuah makam di Siberia yang berasal dari tahun 600M.
Digunakan untuk membuat kerajinan tangan atau handicraft. Aneka kerajinan tangan dari flanel bisa bermacam – macam, antara lain gantungan kunci, gantungan hp, tempelan kulkas, tempat pensil, sarung Hp, bross krudung, jepitan rambut, kalung, bando dsb. Untuk mendapatkan kain flanel ada di toko-toko perlengkapan jahit. Yang menarik dari kain flanel, menurut saya adalah warnanya yang bermacam-macam dan lembut. Dan, karena lembut itu, kain flanel aman bagi anak-anak apabila dibuat menjadi mainan. ( Sumber : Buku Pintar Berkreasi Dengan Kain Flanel )
Saat ini trend di masyarakat semakin berkembang. Bermacam produk yang bisa dikombinasi dengan hiasan dari kain Flanel. Bentuk desainnya pun menjadi lebih bervariasi. Melalui brand  V’shop handmade, Saya ingin memperkenalkan beragam aksesoris, dan souvenir dengan desain unik dari kainFlanel.

Rumusan masalah
Berdasarkan dari latar belakang tersebut dapat dirumuskan beberapa hal yang mempengaruhi permasalah pada Usaha Aksesoris yang terebuat dari Kain Flannel ini yaitu :
1.    Meningkatkan Daya kreativitas dalam mempercantik barang atau benda lain yang disukai agar lebih menarik.
2.    Meningkatkan Trend dan Mode yang banyak disukai konsumen.
3.    Menghasilkan kerajinan yang bermutu dengan memaksimalkan kualitas serta kepuasan konsumen


Tujuan
Dari usaha online Aksesoris yang terbuat dari kain Flanel bertujuan :
1.    Untuk mempermudah dalam pengembangan usaha dan memudahkan konsumen mencari informasi kerajinan tangan rumahan ini untuk membelinya.
2.    Memanfaatkan untuk menyalurkan hobi bahkan menjadikan media kreasi melalui aneka ragam aksesoris yang akhirnya berkembang menjadi suatu keuntungan dalam berbisnis.
3.    Memberikan ide – ide kreatif dalam mengembangkan usaha dengan kreativitas terutama dalam pembuatan aksesoris yang terbuat dari kain flanel.
4.    Sebagai modal dasar untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan



RINGKASAN BISNIS

Profil Usaha

Nama Usaha    : V’Shop Handmade
Jenis Usaha     : Kerajinan Dan Aksesoris
Alamat            : Jl. Raya Sawangan No. 51 Rt 02/ Rw 09, Kota Depok
No Telepon     : 089699083124
E-mail              : vshophandmade@yahoo.co.id


Gambaran Awal Usaha
Usaha ini merupakan usaha pertama yang saya dirikan. Untuk mendirikan usaha ini saya tidak meminjam dana ke Bank, melainkan menggunakan dana simpanan sendiri yang saya rasa cukup untuk memulai usaha ini. Saya tidak menyewa tempat sebagai lokasi saya ini, saya hanya membuka usaha saya ini dirumah dengan fasilitas yang saya rasa cukup. Dalam memasarkan produk, saya memanfaatkan beberapa jejaring sosial seperti Facebook dan Instagram dengan memasarkan produk secara online, selain itu saya juga memasarkan produk dengan menawarkan langsung ke konsumen, dan juga menitipkan beberapa produk ke beberapa toko.


KEGIATAN USAHA
Gambaran Produk
Produk yang saya buat mungkin tidak jauh berbeda dengan produk lain. Namun dalam menghasilkan produk, saya terus mencoba mencari desain dan motif lain sesuai inspirasi saya, untuk mengasilkan produk yang berbeda dari yang lain. Tidak hanya menjual kerajian tempat HP, saya juga membuat kerajinan aksesoris seperti : bross untuk kerudung dan tas, gantungan kunci, gantungan HP, kalung, hiasan kulkas, tempat pensil, dan bantal leher untuk mobil. Dalam pembuatan, saya mengutamakan kualitas dan mutu dari produk yang saya hasilkan. Tujuanya untuk memberikan kepuasan kepada konsumen, sehingga saya juga bisa mendapat keuntungan yang maksimal. 
1.       Tempat Pensil



        

           2.   Tempat Handphone
    


         3.  Gantungan Kunci 
             


          4.  Bross Kerudung & Tas
             


           5.  Jepitan & Kalung

   
          6.  Bantal Leher & Toples
    



Gambaran Biaya
a.       Kebutuhan Anggaran Untuk Man Power
No
Man Power
Jumlah
Biaya (Rp)
1
Designer
1 orang
Rp 5.000
Total
1 orang
Rp 5.000

b.      Kebutuhan Anggaran Infrastruktur
N0
Item Kebutuhan
Unit
Harga satuan
(Rp )
Biaya (Rp)
1
Jarum
1 pack
Rp 2.500
Rp    2.500
2
Benang Sulam
7 warna
Rp 1.000
Rp    7.000
3
Benang Jahit
1 warna
Rp 2.000
Rp    2.000
4
Kain  Flannel
20 warna
¼ meter Rp 5.000
Rp  100.000
5
Lem Power glue
1 pack besar
Rp 20.000
Rp    20.000
6
Tali Kulit
1 Rol Hitam
Rp 15.000
Rp    15.000
7
Manik - manik
5 pack
Rp 2.000
Rp    10.000
8
Dacron
1 pack besar
Rp 20.000
Rp    20.000
9
Pensil
1 buah
Rp 2.500
Rp    2.500
10
Spidol
1 warna
Rp 2.500
Rp    2.500
11
Penghapus
1 buah
Rp 1.000
Rp    1.000
12
Gunting Bahan
1 buah
Rp 5.000
Rp    5.000
13
Gunting Benang
1 buah
Rp 2.000
Rp    2.000
14
Plastik kemasan
3 pack
Rp 6.000
Rp  18.000
Total
      Rp 207.000


c.       Biaya Tetap / Fixed Cost(FC)
No
Item Kebutuhan
Unit
Harga Satuan
Biaya
1
Jarum
1 pack
Rp 2.500
    Rp    2.500
   2
Benang Sulam
7 warna
Rp 1.000
Rp    7.000
   3
Benang Jahit
1 warna
Rp 2.000
Rp    2.000
   4
Lem Power glue
1 pack besar
Rp 20.000
Rp    20.000
   5
Tali Kulit
1 Rol Hitam
Rp 15.000
Rp    15.000
   6
Manik - manik
5 pack
Rp 2.000
Rp    10.000
   7
Dacron
1 pack besar
Rp 20.000
Rp    20.000
   8
Pensil
1 buah
Rp 2.500
Rp    2.500
     9
Spidol
1 warna
Rp 2.500
Rp    2.500
Total
    Rp  91.500

d.      Total Anggaran
No
Item Kebutuhan
Biaya ( Rp )
1
Kebutuhan Anggaran Untuk Man Power
Rp      5.000
2
Kebutuhan Anggaran Infrastruktur
Rp  207.000
3
Biaya Tetap
Rp    91.500
Total
Rp  303.500


Gambaran Penjualan
Saat ini, saya membuka usaha dirumah sendiri yang beralamat di Jl. Raya Sawangan No. 51 Rt 02/ Rw 09 Mampang, Kota Depok. Tentu dalam penjualan, ada beberapa strategi yang saya gunakan untuk menarik minat konsumen karena keunikan dan kualitas. Saya berharap usaha yang saya dirikan ini dapat berjalan lancar, berkembang hingga sukses, dan selalu diterima konsumen dengan  puas.

Target Pelanggan
Target sasaran pelanggan dari usaha ini, yaitu dari mulai anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua. Yang tertarik dan menyukai kerajinan tangan ini karena unik, lucu dan harga yang terjangkau.

Demikian Proposal “Bisnis Krajinan Dan Aksesoris Dari Kain Flanel” ini kami sampaikan. Kami mohon maaf apabila ada kekurangan dalam proposal ini. Atas Kerjsama dan perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terimakasih.


                                                                         Hormat Kami
                                                                        Pemilik Usaha



                                                                     Novia Nurul Huda





Referensi :
http://rieskha93.blogspot.com/2014/06/proposal-bisnis-aksesoris-yang-terbuat.html
http://helenachristy5.blogspot.com/


0 komentar:

Posting Komentar

 

Novia Nurul Huda Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template